16 Jul 2011

Fitur Windows 7

Seperti artikel sebelumnya sobat bloger Windows 7 masih saja menyimpan misteri, karena selain OS ini adalah OS keluaran terbaru dari Microsoft, para pengguna windows 7 sendiri masih realtif sedikit dibandingkan dengan para pengguna windows xp. Berikut ini beberapa fitur-fitur yang mungkin akan sangat membantu untuk mempermudah kerja kita dengan Windows 7.

Keyboard shortcut:
Alt+P = Menampilkan / menyembunyikan Explorer preview pane
Windows Logo+G = Menampilkan tool gadgets didepan window-window yang sedang tampil.
Windows Logo + (+)= Zoom in
Windows Logo + (-) = Zoom out
Windows Logo+Up = Maximise window
Windows Logo+Down = Minimise window
Windows Logo+Home = Minimise / maximize  semua window kecuali window yang sedang terbuka

Proteksi data
Windows 7 dapat memproteksi data yang ada di flashdisk anda dengan mengenkripsinya yang  menggunakan program yang bernama Microsoft's BitLocker technology caranya tinggal klik kanan USB drive (flashdisk)  anda kemudian klik Turn on BitLocker dan anda tinggal mengikuti instruki yang diberikan.

Menampilkan Desktop Wallpaper secara bergantian 
Salah satu kelebihan windows 7 dibandingkan dengan para pendahulunya yaitu terdapat fitur untuk menampilkan wallpaper desktop secara bergantian. Tidak hanya 1 atau 2 wallpaper yang bisa kita tampilkan, ratusan bahkan ribuan wallpaper bisa kita tampilkan secara bergantian, begini caranya sobat bloger:
Klik kanan pada desktop - personalize - desktop background - kemudian centang wallpaper mana saja yang ingin dimunculkan (1) - set lama waktu per wallpaper ditampilkan (2) - save changes (3)


Copy atau Burning file image / virtual
Kali ini windows 7 menyematkan fitur copy or burning file image yaitu burning file image secara langsung tanpa bantuan software, yaitu dengan cara klik 2 kali pada file Iso tersebut, kemudian plih drive DVD/CD writer anda yang sudah berisi CD/DVD kosong dan tinggal klik Burn.

Mematikan pengaturan otomatis windows
Pada Windows 7 window dapat mengatur dengan sendirinya, misalnya jika sobat bloger tekan dan tahan window yang sedang dibuka dan geser ke paling atas desktop anda window tersebut secara otomatis maximize dengan sendirinya begitupun jika anda menggeser nya ke bagian paling kiri desktop maka window tersebut secara otomatis berukuran setengah layar desktop anda.Jika anda tidak nyaman penyesuaian window secara otomatis ini anda dapat mematikannya dengan lakukan langkah berikut  klik start ketik REGEDIT, kemudian telusuri HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop, ganti WindowArrangementActive menjadi 0 setelah itu tinggal restart windows 7 anda.

Menghemat daya baterai
Caranya klik Start ketik “Power Options” tanpa tanda kutip kemudian klik plihan Power Options setelah itu klik Change Plan Settings for your current plan dan plih Change Advanced Settings. Disini anda dapat mengkonfigurasi dan mengoptimisasi pemakaian baterai laptop anda

Informasi Baterai Laptop
Jika anda menggunakan laptop, anda bisa menggunakan program untuk menampilkan informasi mengenai konsumsi daya dari baterai anda. Caranya klik start ketik “cmd” tanpa tanda kutip, jika icon cmd sudah muncul klik kanan dan plilih Run as administrator kemudian ketik “powercfg -energy” tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Windows 7 akan menscan sistem komputer anda dengan tujuan mencari cara untuk menghemat daya baterai anda. Kemudian windows 7 membuat file report HTML (web based) setelah itu windows akan memberitahu dimana file ini diletakkan biasanya di letakkan di folder \Windows\System32.
 
Kalkulator 
Ada satu hal yang menarik dari kalkulator terbaru windows. Program kalkulator di windows 7 banyak tambahan fitur baru  seperti konversi satuan panjang (cm, m, km), berat (gram, Kg), volume (liter,galon), dan lainnya. Ada juga fitur seperti kalkulasi tanggal misal: ada berapa hari kah diantara dua tanggal ada juga format sederhana untuk menghitung pajak, dan lainnya.


Pertolongan pertama troubleshooting 
Jika di windows 7  ada yang error atau bermasalah, dan sobat bloger tidak tahu penyebab nya apa,bisa coba: klik control panel - Find and fix problems (or 'Troubleshooting'). 

Format WordPad Baru
Jika Sobat bloger membuat dokumen di Wordpad secara otomatis akan disimpan dengan format Rich Text Format (RTF). Tetapi sekarang anda dapat menyimpan file atau membuka file tersebut dalam bentuk format .docx (office 2007) dan format .odt (open office)


Tidak ada komentar: