1 Jul 2011

Bandwith Manager

Perkembangan dunia internet di indonesia semakin pesat, hal ini dbuktikan dengan semakin menjamurnya penyedia jasa warnet di indonesia, bisnis ini memang cukup menjanjikan, tentunya jika dikelola dengan baik, pelayanan merupakan hal yang sangat penting disini. Tidak jarang warnet yang dilengkapi dengan teknologi tinggi (dual core ke atas) dapat dikalahkan dengan warnet dengan teknologi biasa (pentium 4 kebawah) hanya karena kurang baiknya pelayanan. Salah satu penyebab kurang baiknya pelayanan yaitu faktor ''kecepatan akses''. Komputer cepat belum tentu akses internet cepat? Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu penggunaan software IDM.
Kalau bagi saya IDM itu seperti sebuah sniper dalam game online Point Blank, tapi bagi pengelola jasa warnet sebaliknya, sangat mengganggu, walaupun sebenarnya saya sendiri tidak suka warnet yang tidak menggunakan IDM. Karena semua bendwith akan difokuskan pada penggunaan IDM tersebut, walaupun sebenarnya penggunaanya bisa dibatasi, namun sepertinya belum begitu efektif.
Namun jangan berkecil hati, karena kemarin saya blogwalking kesana kesini mendapatkan software yang mungkin sedikit membantu, yaitu Softperfect Bandwith Manager. Software ini bisa didownload disini

Prinsip kerjanya sebagai berikut:
Misal kita memiliki bandwidth sebesar 10Mbps, kita share ke sekitar 100client, semua client berhak mendapatkan maksimum resource bandwidth yaitu 10Mbps, namun apabila ada salah satu client yang menggunakan bandwidth sebesar 10Mbps selama 5 menit (bisa diseting sesuai keinginan) akan kita beri penalty 10% menjadi 10×10%=1Mbps (bisa diseting), apabila ada user yang menggunakan koneksi lebih dari 60 koneksi per detik akan di beri penalti 40% menjadi 10×40%=4Mbps (sesuai setingan). Kerugian menggunakan limiter lain yang hanya memberlakukan rules satu arah. Misal bandwidth kita adalah 10Mbps, jumlah client 100, maka limiter yang di aplikasikan adalah 10/10=0.1Mbps, rugi bukan? padahal belum tentu semua pengguna adalah pendownload ulung. Maka dari itu saya sangat sarankan untuk penggunaan limiter cukup memberi hukuman penalty kepada pelaku saja, jangan di sikat rata semua.

Tampilan user pada Softperfect Bandwith Manager


Modifikasi quota bandwith bisa disesuaikan


Modifikasi rules, pembatasan limit bandwith

 
Statistik quota, dimana user menggunakan 40% jatah bandwith


Silahkan atur dengan bijaksana penggunaan bandwith anda. Semoga bermanfaat bagi sobat bloger dimanapun berada.

(sumber: www.softperfect.com, www.id.istanto.net)