27 Nov 2010

Core 2 atau Core i?

Tempo hari salah seorang teman saya menanyakan tentang bagus mana antara processor intel Core 2 Duo, dengan Core i3? Usut punya usut ternyata dia mau membeli sebuah notebook, namun bingung menentukan processor mana yang hendak dia pilih, berikut sedikit ulasan barangkali bisa berguna buat pembaca.
Processor generasi core

Processor intel core generasi pertama dimulai dari Dual core, Core 2 Duo, Core 2 Quad kemudian intel mengembangkan varian Core ini menjadi Core i3, Core i5, Core i7 yang kemudian disebut sebagai Core generasi kedua.



Core i3 sedikit lebih baik daripadi core 2 duo, tapi tidak lebih baik daripada core 2 quad
Core i5 sedikit lebih baik daripada core 2 quad
Core i7? untuk sementara processor ini terbaik di antara jajaran processor intel lainnya

Kenapa core i lebih bisa dikatakan baik daripada core 2?

Karena core i menggunakan teknologi yang lebih baik daripada core 2. Core i menggunakan transistor 32nm, selain lebih kecil dibandingkan core 2 yang menggunakan transistor 45nm, transistor 32nm core i lebih hemat daya. Processor generasi core i juga membenamkan teknologi Hyperthreading yaitu kemampuan pintar yang dimiliki processor yang berfungsi mengistirahatkan sebagian core saat melakukan process yang tidak membutuhkan terlalu berat. 
Khusus untuk core i3, processor ini mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya, dengan kata lain tanpa menggunakan VGA  onboard core i3 ini bisa memainkan game 3D ringan dengan cukup baik, bahkan kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. 

 

Untuk core i5 dan i7 disematkan teknologi Turbo boost,yaitu teknologi untuk mempercepat menyelesaikan suatu pekerjaan, contohnya pada processor core i5 M520 2.5 Ghz, kecepatan processor ini dapat mencapai 2.9 Ghz saat melakukan pekerjaan tertentu dengan teknologi turbo boost, sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dan menghemat lebih banyak energi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa varian core i lebih valueable dibandingkan dengan core 2

( sumber gambar: www.eocommunity.com )

Tidak ada komentar: