13 Jul 2010

Optimalisasi windows xp dengan registry

Beberapa bulan yang lalu saya berkunjung ke warnet paman saya dijombang, kebetulan saat itu paman saya belum jago komputer seperti sekarang. Saat itu pula warnet belum berdiri dan sukses seperti sekarang.  Saya diberitahu oleh teknisi komputer yang mensetting warnet kala itu, yang kebetulan adalah teman paman saya sendiri, dia bilang pada saya bahwa hanya dengan komputer pentium III dia sudah bisa menyaingi kecepatan pentium IV warnet lain, hanya dengan merubah registry, kalau saya berminat saya bisa membawa komputer saya  ke tempat tersebut kemudian akan di beri formulanya, tentunya dengan sedikit  "fee", saya pun hanya tersenyum saja (Tapi sambil ndongkol didalam hati,,hehehe)
Dalam hati saya berkata "saya bukan orang yang bisa dengan mudah dipengaruhi orang" kalau tidak mau memberitahu caranya, saya bisa tanya ketempat lain yang mau memberitahu. Saya pun pergi dari tempat itu, kemudian mampir ke warnet. Akan saya kalahkan orang itu !!! biasa darah muda, darah yang berapi-api, senggol bacok !!! wkwkwkwk.

Akhirnya saya cari ke mbah yang paling baik sedunia "Google". Ketemu, memang ada cara untuk mempercepat xp dengan merubah registry. Kalau sobat bloger berminat silahkan bawa komputer sobat bloger kerumah saya, nanti akan saya jual,,,hahahahah...Tentu saja tidak seperti itu. Berikut ini ada sedikit cara untuk mempercepat win xp dengan merubah registry.  
Tapi sebelum melakukan perubahan hendaknya anda mem-back up dulu sistem registry anda, caranya :
  1. Klik tombol start run .Ketikkan regedit dan enter 
  2. Didalam registry editor pilih file eksport, beri nama file, enter 
  3. Jika ingin mengembalikan registry seperti semula, tinggal double klik saja file yang sudah anda eksport tadi.
Berikut beberapa langkah untuk mempercepat xp anda

Mempercepat shutdown
1. Start – Run – Regedit- Enter
2. Buka “HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop”
3. Pilih ‘WaitToKillAppTimeout’
4. Klik kanan dan pilih modify
5. Ubah value menjadi ‘1000′ (defaultnya 20000)
6. Klik ‘OK’
7. Pilih ‘HungAppTimeout’
8. Klik kanan dan pilih modify
9. Ubah value menjadi ‘1000′
10. Klik ‘OK’
11. Pilih “HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop’
12. Pilih “WaitToKillAppTimeout”
13. Klik kanan dan pilih modify
14. Ubah value ke ‘1000′ (defaultnya 2000)
15. Klik ‘OK’
16. Buka “HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/Control”
17. Pilih “WaitToKillAppTimeOut”
18. Klik kanan dan pilih modify
19. Ubah value menjadi ‘1000′
Bila dirasa kurang cepat bisa dirubah '100' atau '50' asal jangan '0' karena windows akan crash dan error, saya sudah mencoba pada komputer.


Mempercepat restart
1. Start – Run – Regedit- Enter
2. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windoes NT/Current Version
3. Tambahkan string value baru dengan cara Edit – New – String Value
4. Beri nama “EnableQuickReboot” dan isi defaultnya dengan 1

Mempercepat waktu boot
1. Start – Run – Regedit – Enter
2. Buka : HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Dfrg/Boot Optimize Function
3. Cari “Enable” dibagian kanan regedit
4. Klik “Modify”
5. Pilih “Y to enable”
6. Reboot Komputer anda.

Mempercepat tampilan menu start windows
1. Start – Run – Regedit – Enter
2. Buka: HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
3. Pilih “Menu Show Delay”
4. Klik kanan dan pilih “Modify”
5. Masukkan angka “100″ (setting awal 400). Anda bisa menyesuaikannya sendiri. Untuk kisaran lebih baik pilih 50 – 150, atau 0 kalau pengen to the point.Reboot untuk mendapatkan perubahannya.

Mematikan program not responding secara otomatis
1. Start – Run – Regedit- Enter
2. Buka “HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop”
3. Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Membersihkan sampah registry
1. Start – Run – Regedit- Enter
2. HKEY_CLASSES_ROOT/Application
3. HKEY_CURRENT_USER/Software
4. HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE
5. Pilih software yang telah di uninstall atau tidak ada di komputer anda, kemudian tekan tombol Del pada keyboard.

 Mempercepat akses memori dengan unload .dll
1. Start – Run – Regedit- Enter
2. Buka “HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion /Explorer”
3. Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL.
Pada option Default Value masukkan angka 1.

Semua langkah diatas akan berfungsi setelah kita merestart komputer kita.
Semoga bermanfaat,

(referensi: www.irfanrahman.wordpress.com)