25 Feb 2012

Merawat Notebook

Notebook dan variannya memang bukan barang mewah sekarang. Sekarang sudah merupakan bagian hidup dari seseorang tanpa terkecuali saya.Namun tidak semua pemilik notebook mengerti dan memahami cara merawat barang yang satu ini, sayang kan kalau notebook yang kita beli mengalami gangguan atau bahkan mengalami kerusakan hanya karena kita salah melakukan perawatan atau bahkan tidak tahu cara merawat sama sekali. Berikut ini beberapa tips merawat notebook anda, semoga dapat bermanfaat.

Letakkan notebook di tempat yang aman
Bagi anda yang sering nongkrong di cafe ber-wifi dan membawa notebook patut waspada, pasalnya notebook seringkali ditempatkan ditempat yang berdekatan dengan makanan dan minuman, hal ini berbahaya sekali karena komponen notebook rata rata tidak tahan terhadap air.

Berikan perlindungan ekstra pada monitor notebook
bagian yang sangat sensitif dari notebook adalah monitor/layar,maka lindungilah bagian ini dari goresan dengan cara memasang "screen protection" , hindarkan juga dari sengatan matahari secara langsung karena bisa menurunkan kualitas "brightness" layar, dan yang paling penting jangan menyentuh langsung dengan jari karena bisa mengakibatkan "dead pixel", karena pada dasarnya layar LCD notebook ini terbuat dari cairan, sehingga sangat rentan.

Jagalah Baterai Notebook
Banyak sekali pengguna notebook yang melepas baterai notebook dengan alasan agar baterai awet, hal ini bisa kita lakukan jika notebook anda terhubung dengan UPS. Alasannya jika suatu saat listrik ditempat anda menghubungkan notebook itu padam maka notebook akan mati seketika, hal itu akan sangat berbahaya bagi Motherboard notebook, bahkan tidak jarang menimbulkan kerusakan yang serius. Padahal notebook sekarang sudah didesign agar saat baterai notebook sudah terisi penuh maka otomatis pengisian akan berhenti, sehingga baterai bisa awet. Maka kesimpulannya jika kita tidak memiliki UPS lebih baik pasang baterai notebook. Lebih baik baterai kita rusak daripada motherboard kita yang rusak,walaupun kemungkinan kerusakan baterai notebook itu sangatlah kecil sekali. 

Jaga Kebersihan Notebook
Selalu jaga kebersihan layar,keyboard dan komponen lainnya dari debu, karena meskipun sepele kadang kala debu juga membuat tombol tombol keyboard menjadi tidak berfungsi. Jadi bersihkan terus notebook secara berkala.

Perhatikan Suhu Notebook
Sebenarnya design notebook sudah dirancang sedemikian rupa agar notebook menjadi ringkas namun tetap handal. Begitupun proses pendinginan pada notebook, pastikan anda memiliki software pemantau suhu processor,hardisk dan vga notebook anda. Agar kita senantiasa bisa melihat apakah proses pendinginan sudah berjalan dengan baik. Biasanya suhu normal notebook dalam kondisi tanpa membuka program apapun antara 36-45 derajat celcius, sedangkan jika dipakai untuk bermain game 58-65 derajat celcius, jika suhu mencapai 80 derajat keatas maka dapat dikatakan bahwa proses pendinginan pada notebook anda tidak berfungsi dengan baik, entah itu ada sumbatan pada ventilasi atau cooler utama notebook bermasalah.

Lakukan Defragment Secara Berkala
Setelah dipakai dalam waktu yang lama, kecepatan notebook lambat laun akan semakin menurun, lakukan defragment pada tiap tiap partisi hardisk. Gunanya agar file file dapat tersusun dengan baik,sehingga proses kerja hardisk menjadi lebih ringan.