18 Jul 2011

Internet Berlebihan Menyebabkan Kerusakan Otak

Tak dapat dipungkiri bahwa pengguna internet saat ini semakin meningkat, dan internet pun sudah bukan sesuatu hal yang mewah. Namun tahukah sobat bloger bahwa ternyata penggunaa internet secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan otak.
Ini dibuktikan setelah dilakukan penelitian oleh para ilmuwan ahli saraf dan ahli radiologi di universitas dan rumah sakit di China dengan cara scan otak MRI kepada 18 pelajar berusia 19 tahun yang menghabiskan 8 sampai 13 jam sehari untuk bermain game online, selama 6 hari dalam seminggu.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan adanya tanda-tanda atrofi (penyusutan) pada materi abu-abu di otak remaja pengguna internet berat yang semakin memburuk dari waktu kewaktu.
Sehingga permukaan otak menjadi keriput, hal ini akan mempengaruhi tingkat konsentrasi dan memori serta kemampuan remaja untuk membuat keputusan dan tujuan akan menurun. Bahkan mendrong seorang pelajar untuk melakukan hal yang ridak pantas.
Selain itu peneliti juga menemukan adanya perubahan dalam jaringan otak yang disebut sebagai materi putih, yang melewatkan pesan antara daerah berbeda dari materi abu-abu dalam sistem saraf. Kelainan ini dapat membuat remaja lebih bergantung pada internet dan harus menghadapi risiko mengalami IAD (internet addiction disorder).
Jadi kurangi penggunaan internet secara berlebihan, karena segala sesutau yang berlebihan itu tidak baik sobat bloger.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat

sumber: www.detikhealth.com

Tidak ada komentar: